Tips Melindungi Diri dari Masalah Saat Menulis Blog

Sumber : Tribun News - Tips Melindungi Diri dari Masalah Saat Menulis Blog


Tips Melindungi Diri dari Masalah Saat Menulis Blog
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menulis di blog pribadi maupun komunitas ternyata tak hanya menarik untuk dilakukan. Tetapi juga dapat menarik diri ke dalam masalah, jika tidak dilakukan dengan hati-hati dan dengan etika. Pasalnya, tulisan seorang bloger yang diposting, bakal dibaca oleh semua orang pengguna media online.
Risa Amirkasari, pakar bloger yang juga merupakan penulis populer dengan nama pena Rose Heart mengatakan, setidaknya ada beberapa trik dalam menulis blog agar seorang bloger terhindar dari masalah saat menulis. Berikut tips yang diberikan Risa Amrikasari:
1. Mencantumkan Sumber
Seringkali kita mendapatkan informasi dari berbagai media online lain pada saat ingin menulis di blog. Secara hukum, mengutip beberapa kata memang tidak akan melanggar hukum, dan dalam UU HAKI dan masih termasuk kategori yang disebut 'Fair Use'.
Akan tetapi, secara etika dan moral, jika ingin mengutip, sebaiknya mencantumkan sumber yang dikutip. Misalnya nama penulis, dan alamat web atau blog di mana kita mengutipnya. Jika memungkinkan, gunakanlah 'link back'.
2. Meminta Izin
Meski mengutip beberapa kata atau kalimat masih masuk dalam kategori 'Fair Use' sesuai dengan UU HAKI, akan tetapi tidak menutup kemungkinan pemilik aslinya akan berkeberatan dan tentu akan menimbulkan permasalahan di belakang hari.
Meminta izin dari pemilik tulisan, foto, maupun gambar akan lebih baik dan lebih beretika. Mengingat kita sendiri pun belum tentu akan suka jika karya kita dicopy atau dipakai orang lain tanpa izin.
3. Bebas Tetapi Tidak Melanggar Hak Orang Lain
Jangan karena beranggapan blog yang akan ditulis adalah blog pribadi, maka bloger bebas menulis dan memposting apa saja tanpa batas. Baik itu tulisan, foto, gambar, maupun lagu dan kemudian melanggar hak orang lain.
Menurut Risa Amrikasari, perlu ditanamkan dalam pikiran dan hati masing-masing bloger bahwa pengunjung blog bisa siapa saja dan datang dari mana saja. Hindari hal-hal yang melanggar hak orang lain.
Penulis: Alie Usman  |   Editor: Harismanto

Jika Blog ini bermanfaat bagi Anda, silahkan masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan :

ATAU klik disini untuk menjadi FOLLOWER di IndoBlogTrik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Donasi tidak hanya berupa Uang, Donasi dapat juga berupa Semangat yang Anda berikan. Silahkan berikan Saya Donasi melalui komentar untuk menyemangati Saya dalam menulis.

Dan bagi Anda yang merasa Blog ini bermanfaat bagi Anda, silahkan menjadi Follower atau masukkan email Anda untuk Berlangganan.

Note: Komentar yang diembel-embeli dengan link tambahan seperti "thanks for infonya, www.blablabla[dot]blogspot[dot]com" kemungkinan tidak dimunculkan!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...