Buat Template Blogger sendiri dengan Artisteer 2.4

Dulu, membuat template Blogger sendiri itu harus memerlukan keahlian pada bahasa pemrograman HTML, CSS, PHP, Java Script dan masih banyak lagi. Akan tetapi, sekarang anda tidak perlu bersusah payah untuk mempelajari itu semua, karena sekarang sudah ada aplikasi Template Generator yang dinamakan Artisteer.






Anda mampu membuat template kurang dari 10 menit dengan aplikasi tersebut. Template yang anda bisa buat terdiri dari Template : Joomla, Wordpress, Drupal, DotNetNuke, HTML Page, ASP.NET Aplication, Code Charge Studio, dan Juga Blogger.

Screenshot Artisteer 2.4

Sebelum membuat template dengan program diatas, anda harus memiliki aplikasi tersebut terlebih dahulu. Akan tetapi yang menjadi masalahnya, Artisteer bukanlah program gratisan yang bisa anda langsung comot. Anda harus merogoh kantong untuk membeli aplikasi tersebut. Bagi anda yang belum punya dana untuk membelinya, jangan berkecil hati, karena Artisteer memberi anda kesempatan mendownload versi trialnya disini.

Setelah mendapatkan aplikasi tersebut, baik dengan membelinya ataupun mendownload versi trialnya. Dan juga setelah menginstallnya di komputer kesayangan anda, kita langsung ke topik pembicaraan.

Pada awal kali membuka Artisteer, anda akan disuguhkan dengan beragam pilihan yang siap pakai, pilih saja opsi Blog on Blogger.com. Seperti ini :

 


Untuk pemula atau anda yang belum punya ide untuk membuat template seperti apa, klik saja Suggest Design.



Artisteer dengan kepandaiannya akan membuat template baru nan segar yang siap anda pakai. 
Jika anda kurang puas dengan template yang disuguhkan Artisteer, klik kembali Suggest Design.



Jika sudah memilih template yang bagus menurut anda, Klik Export Template pada Tab Ideas > Export



Saya sengaja menyarankan anda memilih opsi Export Template dan buka Publish Template to Blogger.com, karena jika anda memilih opsi Publish Template to Blogger.com maka semua kode yang anda miliki akan terhapus, 
contoh : Meta Tag Code untuk Webmaster Google, Yahoo, dan Bing, Code untuk Google Analytic juga akan hilang. Karena itu gunakan opsi kedua (Export Template) dan download template blog anda yang lama agar tidak terjadi sesuatu yang merugikan.

Ikuti langkah ini jika anda memiliki kode-kode penting seperti di atas :
Setelah mengexportnya ke Hard Drive anda, buka template blog yang lama dan cari kode HTML yang menurut anda penting dan paste ke template blog baru anda. Anda bisa mengedit template dengan Notepad atau juga Kompozer (Download disini).

Jika template sudah siap untuk dipakai pada blog anda, Masuk ke Blogger

Klik Layout > Edit HTML

Klik Pilih Berkas, cari template yang sudah anda buat tadi (sudah di export dan atau juga di edit HTMLnya)


Klik Upload, Simpan Template, dan lihat hasilnya 

Selesai


Jika Blog ini bermanfaat bagi Anda, silahkan masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan :

ATAU klik disini untuk menjadi FOLLOWER di IndoBlogTrik

5 komentar:

Donasi tidak hanya berupa Uang, Donasi dapat juga berupa Semangat yang Anda berikan. Silahkan berikan Saya Donasi melalui komentar untuk menyemangati Saya dalam menulis.

Dan bagi Anda yang merasa Blog ini bermanfaat bagi Anda, silahkan menjadi Follower atau masukkan email Anda untuk Berlangganan.

Note: Komentar yang diembel-embeli dengan link tambahan seperti "thanks for infonya, www.blablabla[dot]blogspot[dot]com" kemungkinan tidak dimunculkan!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...